Minggu, 10 Februari 2013

TIPS MENDAPAT NILAI BAGUS DARI DOSEN SELAMA BIMBINGAN KTI/SKRIPSI

Berikut ini kami sampaikan beberapa Tips agar mahasiswa mendapat penilaian/kesan yg bagus dari dosen selama bimbingan KTI/Skripsi & tentunya akan berdampak positif pula pada saat ujian proposal & ujian seminar hasil nantinya:
  • Berwajah manis, tidak bermuka masam/kusut/berkerut saat berkonsultasi. (Amalkan saja ajaran 5S dari Aa Gym. Pastilah semua orang akan senang kepada anda).
  • Berusahalah untuk mengikuti apa yg disarankan dosen dengan semaksimal mungkin.
  • Tidak membantah utk melakukan sesuatu yg disarankan dosen terkait penulisan maupun pelaksanaan penelitian, dll. Apalagi jika saran tersebut memang sesuatu yg benar/nasehat utk kebaikan & kelancaran penelitian.
  • Perlu diperhatikan terkait dengan point ke-2 dan ke-3 diatas, jangan pula terkesan anda sebagai mahasiswa "Yes Man", manutan, tidak kritis/ tidak ada diskusi/dialog/sanggahan  dari mhs terhadap saran/masukan dari sang dosen. Jika memang anda punya pijakan teoritis/praktis/empiris yang kuat (evidence based). Silahkan mendebatnya... Justru dengan begitu sang dosen akan lebih senang & respect kepada anda karena telah banyak membaca, mengkaji & memahami duduk persoalan. [Ingat: dosen juga manusia, bisa salah & tidak selalu benar adanya].
  • ....
Note: 
(Tips ini telah mengalami ralat / editing setelah mendapat kritik, saran dan masukan serta koreksi yg berarti dari Ketua Jurusan & Ketua Dewan Dosen agar tidak menimbulkan polemik, kegalauan & salah tafsir di kalangan mahasiswa maupun sejawat dosen). 

Ini menjadi etika yg baik utk diadopsi, tidak hanya saat konsultasi KTI/Skrpsi saja, namun juga di kehidupan nyata sehari2. khususnya kepada orang tua/pimpinan kita. Tips ini sebagian besar sudah dipahami & diamalkan oleh para mahasiswa yg sudah bekerja, atau mahasiswa yg menempuh studi lanjut (S1, S2, dan S3).

Masih ragu akan tips tsb ?! Silahkan buktikan saja jika anda tidak percaya...
Bagi yg ingin menambahkan tips ini silahkan menuliskannya dgn meng-klik pd link komentar dibawah posting ini.

Smoga sukses dengan KTI/Skripsi anda!

Tidak ada komentar: