Minggu, 10 Februari 2013

KONTRAK KERJA LAYANAN KONSULTASI KTI/SKRIPSI MHS JKL POLTEKKES YKT

Sebagai dosen pembimbing KTI/Skripsi, saya merasa perlu menetapkan aturan dalam proses bimbingan konsultasi KTI/SKripsi bagi mhs/wi JKL Poltekkes Ykt. Selama ini aturan seperti ini belum pernah diatur secara jelas/pasti/resmi dalam Panduan Akademik maupun aturan tertulis lainnya di Poltekkes Ykt.

Aturan/kesepakatan ini harus diperhatikan oleh para mahasiswa dimana saya ditetapkan sbg Pembimbing I/ Pembimbing II maupun sbg pengujinya. Mengaca pada pengalaman pribadi saya dalam memberikan bimbingan konsultasi KTI/Skripsi sebelumnya, dengan adanya kontrak kerja ini diharapkan dapat dihindari/dicegah timbulnya praduga, salah sangka/ apalagi buruk sangka mahasiswa kepada dosen pembimbingnya, begitupula sebaliknya.

Adapun isi kontrak kerja layanan konsultasi KTI/Skripsi tsb adalah sebagai berikut:
  1. Setiap datang konsultasi mahasiswa harus mengenakan pakaian yg sopan dan rapi, menutup aurat (bagi yg lawan jenis). 
  2. Mahasiswa mengkonfirmasi terlebih dahulu jika akan bertemu/berkonsultasi. Kapan si dosen bisa, dimana bisa konsultasi (di Kelas/ di Jurusan / di Direktorat)? Konfirmasi dapat menggunakan SMS, maupun telpon. Apabila dgn SMS, maka Jangan lupa menyertakan nama mhs/identitas di SMS tsb. 
  3. Jangan pula berharap SMS dari mahasiswa tsb dibalas cepat/saat itu juga oleh dosen pembimbing/penguji, karena kesibukan/padatnya jadwal kegiatan dari si dosen. Apabila belum juga dibalas SMS nya, menjadi hak&kewajiban dari mahasiswa untuk menanyakan langsung by phone/ datang langsung ke ruang/meja kerja
  4. Meskipun membimbing mahasiswa adalah salah satu tugas dosen, namun jangan pula memaksakan diri harus dilayani oleh dosen pembimbing pd jam istirahat kerja di kantor/di kampus, karena bisa jadi sang dosen sedang menunaikan sholat/keluar makan/keperluan lain. 
  5. Jika mahasiswa membutuhkan waktu konsultasi ekstra di luar jam kerja kantor/kampus, maka saya siap melayaninya di rumah (Komplek Asrama I Poltekkes Ykt, Rumah dinas dosen No. 12, Gadingan, Banyuraden, Gamping, Sleman). Sebagai tamu kehormatan saya, Insya Allah ada suguhannya... (Gratis, lho!). Untuk keperluan darurat/mendesak tsb, mohon melakukan konfirmasi terlebih dahulu (sesuai point 2 diatas), agar tidak kecelek. 
  6. Saat konsultasi, mahasiswa harus memperhatikan dengan sungguh2 apa yang menjadi saran, masukan, & pertanyaan dari dosen. Untuk itu, mahasiswa harus menyiapkan alat tulis & buku catatan, bahkan jika perlu MP3/recorder agar tidak terlewatkan berbagai hal/kalimat penting yg disampaikan dosen saat konsultasi. 
  7. Mengisi dgn lengkap log book layanan konsultasi KTI/Skripsi & memintakan tanda tangan dari dosen setelah selesai berkonsultasi. 
  8. Mahasiswa siap melakukan revisi sesuai yg ditentukan /disepakati saat konsultasi sebelumnya. 
  9. Saat pertemuan konsultasi selanjutnya, material yg lama (ketikan proposal/draft KTI) dibawa & ditunjukkan kepada dosen, utk memudahkan & mempercepat dalam mengecek apa yg disarankan / yg hrs diperbaiki pd pertemuan sebelumnya & apakah sudah diperbaiki oleh mahasiswa !? 
  10. Setiap konsultasi mahasiswa harus membawa serta Buku Panduan Penyusunan KTI/Skripsi. sehingga manakala ada hal2 yg meragukan, diperselisihkan antara dosen dan mahasiswa terkait penulisan KTI/Skripsi tsb, dapat dikembalikan pada rujukan asalnya, 
  11. Setelah selesai konsultasi, mahasiswa tidak lupa mohon ijin/Uluk salam untuk meninggalkan ruang konsultasi.
Komitmen/kontrak kerja seperti tsb diatas telah saya sampaikan & disepakati dengan para mahasiswa sejak pertemuan awal/konsultasi pertama KTI/Skripsi.

Note: 
(Tips ini telah mengalami ralat / editing setelah mendapat kritik, saran dan masukan serta koreksi yg berarti dari Ketua Jurusan & Ketua Dewan Dosen agar tidak menimbulkan polemik, kegalauan & salah tafsir di kalangan mahasiswa maupun sejawat dosen).  

Jika tulisan ini dirasa/dinilai baik dan bermanfaat, silahkan digunakan. Tetapi jika ada hal2 lain yg dirasa berlebihan, silahkan mengurangi item2 yg ada dlm kontrak kerja ini / jika ada hal2 lain yg dirasa masih perlu ditambahkan ya silahkan menambahkannya guna melengkapinya.

Sebaliknya, Jika tulisan ini dirasa/dinilai tidak baik / kurang bermanfaat, Ya Silahkan ditinggalkan... Mari kita diskusikan dgn arif bijaksana, kepala dingin, hati lapang, mencari titik temu yg lebih baik, tanpa perlu mencela/menghina idea/ikhtiar/komitmen yg sudah saya sepakati dgn para mhs bimbingan.

Semoga dgn adanya komitmen/kontrak kerja tsb proses bimbingan KTI/Skripsi yg saya berikan kepada para mahasiswa dapat berjalan sukses dan lancar, mengantarkan para mahasiswa tsb "ke depan pintu gerbang Auditorium Graha Bina Husada Poltekkes Ykt" (untuk diwisuda menjadi Ahli Madya, maupun Sarjana Sain Terapan) secara tepat waktu, menjadi pribadi yg lebih disiplin, percaya diri, berakhlak/ beretika, dll... Insya Allah... Amien!!!

Tidak ada komentar: