Senin, 15 September 2008

Kuliah Toksikologi Lingkungan semester ganjil TA. 2008/2009

Pada hari Senin, 15 September 2008 kemarin adalah pertemuan pertama Mata Kuliah Toksikologi Lingkungan semester ganjil TA. 2008/2009 Jurusan Teknik Lingkungan Fak. Teknik IST Akprind, Yogyakarta. Kuliah ini sejatinya sudah dimulai sejak 1 minggu sebelumnya (8 September 2008), namun karena adanya kendala teknis sehingga kuliah ini baru dapat dilaksanakan kemarin.

Kuliah dilaksanakan di ruang kelas P-22, Lantai 2, Kampus IST Akprind Pengok, Yogyakarta. Sesuai jadwal, kuliah dimulai pukul 11.00 - 12.40 WIB. Kegiatan perkuliahan semester ganjil ini akan berlangsung hingga tanggal 27 Desember 2008. Mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini sesuai daftar presensi yang tersedia adalah sejumlah 8 orang, namun pada kuliah perdana kemarin yang hadir baru 4 orang mhs, yaitu :
  1. Agostinha Belo Pereira,
  2. Zulmira Mm. Pereira,
  3. Muliyanto,
  4. Winda Febria Windi.
yang istimewa dari ke-4 mhs itu adalah, No. 1 dan No. 2 adalah mhswi yang berasal dari Timor Leste (dulu Timor Timor, eks. Propinsi ke-27 RI), No. 3 adalah mhs yg berasal dari Jawa Timur, dan No. 4 mhswi yang berasal dari Jawa Barat.

Materi yang disampaikan pada pertemuan pertama ini adalah : Pengantar Toksikologi Lingkungan, Beberapa pengertian/definisi/istilah dan standart yang ada dalam Toksikologi Lingkungan, Perkembangan Toksikologi, Klasifikasi Racun, Perjalanan polutan di lingkungan, Sistem simpul kesehatan lingkungan dan kesehatan kerja untuk melakukan monitoring, pengendalian/pencegahan dampak.

Buku yang digunakan sebagai bahan pembelajaran mata kuliah ini adalah :
  1. Toksikologi Lingkungan, Juli Soemirat, Gadjah Mada University Press, Cetakan kedua, Juli 2005.
  2. Toksikologi Dasar, Asas, Organ Sasaran, dan Penilaian Resiko, Edisi Kedua, Frank C. Lu, Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press), 1995.

Selamat menempuh kuliah Toksikologi Lingkungan. Semoga semuanya sukses meraih prestasi, (minimal dapat nilai B)... Amien !

Tidak ada komentar: