Jumat, 21 Februari 2014

SEMUA ADA ILMUNYA, TERMASUK TENTANG CARA MEMAKAI MASKER ANTI DEBU VULKANIK

Beberapa hari ini saya sempat dibuat ragu oleh perilaku teman2 kantor & masyarakat umum dalam hal cara menggunakan masker bedah utk mencegah terhirup debu vulkanik kiriman G. Kelud. Cara mereka memakai masker berbeda dgn yg saya praktekkan, yaitu : bagian masker yg berwarna putih di sisi luar, dan bagian masker yg berwarna hijau disisi dalam. 

Untungnya saya tidak termasuk orang yg menelan mentah2 info yg ada dari media massa cetak maupun online, utk kemudian ikut2an berperilaku yg sama. Alhamdululillah, akhirnya setelah mencari2 referensi yg dpt dipertanggungjawabkan, pada Jum'at, 21 Feb'14, saya mendapatkan klarifikasinya: Silahkan cek selengkapnya informasi cara yg benar memakai masker anti debu vulkanik disini: http://bit.ly/1hcahjI


Berikut ini adalah video panduan memakai masker yg benar, yg disampaikan oleh Menkesnya Malaysia: http://bit.ly/1g3XQUr atau video berikut ini yg diperagakan oleh model (perawat): http://bit.ly/N2WYIs

Semoga bermanfaat!

Kesimpulan:
  1. Jangan latah/ikut2an saja dlm melakukan sesuatu perbuatan, apalagi kalau itu menyangkut kesehatan.
  2. Cek terlebih dahulu kebenaran dari suatu informasi yg anda terima. Pastikan Apakah berita itu  sesuatu yg benar/HOAX ? Adakah kebaikannya? Adakah kegunaannya?
  3. Kalau memang Hoax, segera saja tinggalkan/jangan malu utk berubah ke perilaku yg benar, mengandung kebaikan & berguna utk kita. 

Tidak ada komentar: