Sabtu, 23 Februari 2013

KULIAH METODOLOGI PENELITIAN (DESAIN PENELITIAN)

Berikut ini adalah materi kuliah Metodologi Penelitian di Semester I Program Studi D-IV Kesehatan Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta. Materi kuliah "Desain Penelitian" ini telah saya sampaikan pada pertemuan yg berlangsung pada Hari Jumat, 22 Feb 2013, pukul 13.00 - 15.00 WIB di Ruang "Watsan" Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Ykt.

Adapun materi kuliah tsb dpt dilihat pada tayangan berikut ini:

Jika ada pertanyaan / komentar silahkan klik pada teks "komentar" dibawah ini. Terima kasih. Selamat belajar ! 

Sabtu, 16 Februari 2013

KULIAH PERBAIKAN NILAI (STUDI EPIDEMIOLOGI ANALITIK)

Berikut ini adalah materi kuliah Perbaikan Nilai Smt Ganjil Mata Kuliah Epidemiologi Kes- B Program Studi D-III Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta TA. 2012/2013.

Materi kuliah "Studi Epidemiologi Analitik" ini telah saya sampaikan pada pertemuan ke-3 yg berlangsung pada Hari Sabtu, 16 Feb 2013, pukul 10.30 WIB - selesai di Ruang "Sansur" Lt 2 Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Ykt.

Adapun materi kuliah tsb dpt dilihat pada tayangan berikut ini:
Jika ada pertanyaan / komentar silahkan klik pada teks "komentar" dibawah ini. Terima kasih. Selamat belajar !

Senin, 11 Februari 2013

MEMOTIVASI PENGURUS SKI

Pada hari Ahad, 3 Feb 2013 saya diminta menyampaikan materi sebagai bekal bagi para pengurus baru SKI Al A’laa Tahun 2013. Acara tsb berlangsung di Aula Utara Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Berikut ini adalah materi yg saya sampaikan :
Semoga bermanfaat..

DOA PENUTUPAN PERTEMUAN YUDICIUM SEMESTER GANJIL TA. 2012/2013

Berikut ini kami tuliskan doa yg telah kami sampaikan pada saat penutupan pertemuan Yudicium Semester Ganjil Prodi D-III dan S-I Terapan Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Ykt TA. 2012/2013 yg berlangsung pd hari Jumat, 8 Feb 2013 di Auditorium Lama Poltekkes Ykt.

"Yth. Kajur, Sekjur, KaProdi, SekProdi, & Bpk/Ibu Dosen dan karyawan, serta mhs/wi JKL Poltekkes Ykt yg saya banggakan.

Sebelum memimpin doa, perlu kami sampaikan bahwa doa yg akan saya pimpin nanti dalam tata cara agama Islam, sehingga bagi Bpk/Ibu/mhs yg beragama lainnya, silahkan menyesuaikan dgn tata cara agama/kepercayaannya masing2.

Mari kita awali doa ini dgn istigfar 3x.
Basmallah,
Hamdan syakirin, hamdan naimin, hamdan yuwafi niamahu wayukafiiu mazidah, Yaa robbana lakal hamdu kama yambaghilijalali wajhika waadhimi sultonik.

Allahumma iyakana'budhu waiyaka nasta'im, ihdinas syirotholmustakim, shirotolladhi naan'am ta'alaihim ghoiril maghdhubi'alaihim waladhoolin, Amien..

Allahmumma arinal haqqo haqqo, warzuknattibaa. Waarinal baathila bathila warzuknaj tinaba

Allahumma lamania lima a'toita, wala mu'tiya lima mana'ta, wala yamfau daljaddi minka jad.

Ya Allah Ya Rahman Ya Rahim, Dzat yg Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Puji syukur kami panjatkan atas nikmat yg telah Engkau berikan, nikmat sehat, nikmat sempat, dll
sehingga kami semua civitas akademika JKL Poltekkes Ykt pd hari ini dapat berkumpul di Audit Lama ini dlm keadaan sehat wal afiat, dan penuh kebahagiaan.

Ya Allah, Dzat Yg Maha Luas Ilmunya, Berilah kemudahan bagi mhs kami dalam menempuh/ menuntut ilmu-Mu di Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Ykt. Berilah kemudahan bagi mereka, mhs/wi kami utk menyelesaikan studi & meraih mimpi, cita2 & cintanya, Cinta kpd Mu.
Jadikanlah semua usaha & kerjakerasnya dlm menuntut Ilmu di JKL ini bernilai ibadah di sisi-Mu,

Ya Allah, Ya Ghofur, Dzat Yang Maha Pengampun,
Ampuni dosa dan kesalahan kami, orang tua kami, dan guru/dosen kami, serta dosa para pemimpin2 kami. Tunjukilah kami semua kpd jalan yg lurus dan benar, jalan yg Engkau Ridhoi

Doa rabitoh, ...

Ya Allah, berkahilah pertemuan ini, dan kabulkanlah doa2 kami.
Al Fatihah... Amien yaa Robbal Alamin.. Wassalam."


Minggu, 10 Februari 2013

TIPS MENDAPAT NILAI BAGUS DARI DOSEN SELAMA BIMBINGAN KTI/SKRIPSI

Berikut ini kami sampaikan beberapa Tips agar mahasiswa mendapat penilaian/kesan yg bagus dari dosen selama bimbingan KTI/Skripsi & tentunya akan berdampak positif pula pada saat ujian proposal & ujian seminar hasil nantinya:
  • Berwajah manis, tidak bermuka masam/kusut/berkerut saat berkonsultasi. (Amalkan saja ajaran 5S dari Aa Gym. Pastilah semua orang akan senang kepada anda).
  • Berusahalah untuk mengikuti apa yg disarankan dosen dengan semaksimal mungkin.
  • Tidak membantah utk melakukan sesuatu yg disarankan dosen terkait penulisan maupun pelaksanaan penelitian, dll. Apalagi jika saran tersebut memang sesuatu yg benar/nasehat utk kebaikan & kelancaran penelitian.
  • Perlu diperhatikan terkait dengan point ke-2 dan ke-3 diatas, jangan pula terkesan anda sebagai mahasiswa "Yes Man", manutan, tidak kritis/ tidak ada diskusi/dialog/sanggahan  dari mhs terhadap saran/masukan dari sang dosen. Jika memang anda punya pijakan teoritis/praktis/empiris yang kuat (evidence based). Silahkan mendebatnya... Justru dengan begitu sang dosen akan lebih senang & respect kepada anda karena telah banyak membaca, mengkaji & memahami duduk persoalan. [Ingat: dosen juga manusia, bisa salah & tidak selalu benar adanya].
  • ....
Note: 
(Tips ini telah mengalami ralat / editing setelah mendapat kritik, saran dan masukan serta koreksi yg berarti dari Ketua Jurusan & Ketua Dewan Dosen agar tidak menimbulkan polemik, kegalauan & salah tafsir di kalangan mahasiswa maupun sejawat dosen). 

Ini menjadi etika yg baik utk diadopsi, tidak hanya saat konsultasi KTI/Skrpsi saja, namun juga di kehidupan nyata sehari2. khususnya kepada orang tua/pimpinan kita. Tips ini sebagian besar sudah dipahami & diamalkan oleh para mahasiswa yg sudah bekerja, atau mahasiswa yg menempuh studi lanjut (S1, S2, dan S3).

Masih ragu akan tips tsb ?! Silahkan buktikan saja jika anda tidak percaya...
Bagi yg ingin menambahkan tips ini silahkan menuliskannya dgn meng-klik pd link komentar dibawah posting ini.

Smoga sukses dengan KTI/Skripsi anda!

KONTRAK KERJA LAYANAN KONSULTASI KTI/SKRIPSI MHS JKL POLTEKKES YKT

Sebagai dosen pembimbing KTI/Skripsi, saya merasa perlu menetapkan aturan dalam proses bimbingan konsultasi KTI/SKripsi bagi mhs/wi JKL Poltekkes Ykt. Selama ini aturan seperti ini belum pernah diatur secara jelas/pasti/resmi dalam Panduan Akademik maupun aturan tertulis lainnya di Poltekkes Ykt.

Aturan/kesepakatan ini harus diperhatikan oleh para mahasiswa dimana saya ditetapkan sbg Pembimbing I/ Pembimbing II maupun sbg pengujinya. Mengaca pada pengalaman pribadi saya dalam memberikan bimbingan konsultasi KTI/Skripsi sebelumnya, dengan adanya kontrak kerja ini diharapkan dapat dihindari/dicegah timbulnya praduga, salah sangka/ apalagi buruk sangka mahasiswa kepada dosen pembimbingnya, begitupula sebaliknya.

Adapun isi kontrak kerja layanan konsultasi KTI/Skripsi tsb adalah sebagai berikut:
  1. Setiap datang konsultasi mahasiswa harus mengenakan pakaian yg sopan dan rapi, menutup aurat (bagi yg lawan jenis). 
  2. Mahasiswa mengkonfirmasi terlebih dahulu jika akan bertemu/berkonsultasi. Kapan si dosen bisa, dimana bisa konsultasi (di Kelas/ di Jurusan / di Direktorat)? Konfirmasi dapat menggunakan SMS, maupun telpon. Apabila dgn SMS, maka Jangan lupa menyertakan nama mhs/identitas di SMS tsb. 
  3. Jangan pula berharap SMS dari mahasiswa tsb dibalas cepat/saat itu juga oleh dosen pembimbing/penguji, karena kesibukan/padatnya jadwal kegiatan dari si dosen. Apabila belum juga dibalas SMS nya, menjadi hak&kewajiban dari mahasiswa untuk menanyakan langsung by phone/ datang langsung ke ruang/meja kerja
  4. Meskipun membimbing mahasiswa adalah salah satu tugas dosen, namun jangan pula memaksakan diri harus dilayani oleh dosen pembimbing pd jam istirahat kerja di kantor/di kampus, karena bisa jadi sang dosen sedang menunaikan sholat/keluar makan/keperluan lain. 
  5. Jika mahasiswa membutuhkan waktu konsultasi ekstra di luar jam kerja kantor/kampus, maka saya siap melayaninya di rumah (Komplek Asrama I Poltekkes Ykt, Rumah dinas dosen No. 12, Gadingan, Banyuraden, Gamping, Sleman). Sebagai tamu kehormatan saya, Insya Allah ada suguhannya... (Gratis, lho!). Untuk keperluan darurat/mendesak tsb, mohon melakukan konfirmasi terlebih dahulu (sesuai point 2 diatas), agar tidak kecelek. 
  6. Saat konsultasi, mahasiswa harus memperhatikan dengan sungguh2 apa yang menjadi saran, masukan, & pertanyaan dari dosen. Untuk itu, mahasiswa harus menyiapkan alat tulis & buku catatan, bahkan jika perlu MP3/recorder agar tidak terlewatkan berbagai hal/kalimat penting yg disampaikan dosen saat konsultasi. 
  7. Mengisi dgn lengkap log book layanan konsultasi KTI/Skripsi & memintakan tanda tangan dari dosen setelah selesai berkonsultasi. 
  8. Mahasiswa siap melakukan revisi sesuai yg ditentukan /disepakati saat konsultasi sebelumnya. 
  9. Saat pertemuan konsultasi selanjutnya, material yg lama (ketikan proposal/draft KTI) dibawa & ditunjukkan kepada dosen, utk memudahkan & mempercepat dalam mengecek apa yg disarankan / yg hrs diperbaiki pd pertemuan sebelumnya & apakah sudah diperbaiki oleh mahasiswa !? 
  10. Setiap konsultasi mahasiswa harus membawa serta Buku Panduan Penyusunan KTI/Skripsi. sehingga manakala ada hal2 yg meragukan, diperselisihkan antara dosen dan mahasiswa terkait penulisan KTI/Skripsi tsb, dapat dikembalikan pada rujukan asalnya, 
  11. Setelah selesai konsultasi, mahasiswa tidak lupa mohon ijin/Uluk salam untuk meninggalkan ruang konsultasi.
Komitmen/kontrak kerja seperti tsb diatas telah saya sampaikan & disepakati dengan para mahasiswa sejak pertemuan awal/konsultasi pertama KTI/Skripsi.

Note: 
(Tips ini telah mengalami ralat / editing setelah mendapat kritik, saran dan masukan serta koreksi yg berarti dari Ketua Jurusan & Ketua Dewan Dosen agar tidak menimbulkan polemik, kegalauan & salah tafsir di kalangan mahasiswa maupun sejawat dosen).  

Jika tulisan ini dirasa/dinilai baik dan bermanfaat, silahkan digunakan. Tetapi jika ada hal2 lain yg dirasa berlebihan, silahkan mengurangi item2 yg ada dlm kontrak kerja ini / jika ada hal2 lain yg dirasa masih perlu ditambahkan ya silahkan menambahkannya guna melengkapinya.

Sebaliknya, Jika tulisan ini dirasa/dinilai tidak baik / kurang bermanfaat, Ya Silahkan ditinggalkan... Mari kita diskusikan dgn arif bijaksana, kepala dingin, hati lapang, mencari titik temu yg lebih baik, tanpa perlu mencela/menghina idea/ikhtiar/komitmen yg sudah saya sepakati dgn para mhs bimbingan.

Semoga dgn adanya komitmen/kontrak kerja tsb proses bimbingan KTI/Skripsi yg saya berikan kepada para mahasiswa dapat berjalan sukses dan lancar, mengantarkan para mahasiswa tsb "ke depan pintu gerbang Auditorium Graha Bina Husada Poltekkes Ykt" (untuk diwisuda menjadi Ahli Madya, maupun Sarjana Sain Terapan) secara tepat waktu, menjadi pribadi yg lebih disiplin, percaya diri, berakhlak/ beretika, dll... Insya Allah... Amien!!!